Sunday, February 13, 2011

PERKEMBANGAN ANAK



        Perkembangan anak mengacu pada perubahan biologis dan psikologis yang terjadi pada manusia antara kelahiran dan akhir masa remaja, sebagai perkembangan individu yang berlangsung dari masa ketergantungan ke tahap peningkatan  otonomi. Karena perubahan ini mungkin perkembangan sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dan  selama periode prenatal, genetika dan perkembangan janin biasanya dimasukkan sebagai bagian dari studi tentang perkembangan anak. Istilah terkait termasuk psikologi perkembangan, mengacu pada perkembangan selama kehidupan, dan pediatri, cabang kedokteran yang berkaitan dengan perawatan anak. Perubahhan perkembangan  dapat terjadi sebagai hasil dari proses yang dikendalikan secara genetik dikenal sebagai pematangan, atau sebagai akibat dari faktor lingkungan dan belajar, tetapi paling sering melibatkan interaksi antara keduanya.

       Ada berbagai definisi periode perkembangan anak, karena setiap periode adalah sebuah kesinambungan dengan perbedaan individu tentang awal dan akhir.

       Beberapa periode perkembangan berkaitan dengan usia dan contoh-contoh interval  adalah: bayi baru lahir (usia 0-1 bulan); bayi (usia 1 bulan - 1 tahun); balita (usia 1-3 tahun); anak prasekolah (usia 4 - 6tahun); sekolah -anak usia (usia 6-13 tahun);. remaja (usia 13-20). Namun, organisasi seperti Zero to Three dan World Association for Infant Mental Health (Asosiasi Dunia untuk Kesehatan Mental Bayi) menggunakan istilah bayi sebagai sebuah kategori yang luas, termasuk anak-anak sejak lahir untuk usia 3, keputusan logis mengingat bahwa derivasi Latin dari kata bayi adalah mereka yang belum dapat berbicara.

       Perkembangan anak yang optimal dianggap penting untuk masyarakat  sehingga sangat penting untuk memahami perkembangan sosial, kognitif, emosional, dan pendidikan anak-anak. Peningkatan penelitian dan minat dalam bidang ini telah menghasilkan teori-teori baru dan strategi, dengan hal khusus untuk praktek yang mempromosikan pembangunan dalam sistem sekolah. Selain itu ada juga beberapa teori yang berusaha untuk menggambarkan urutan negara-negara yang membentuk perkembangan anak.

Sumber : Wikipedia

No comments:

Post a Comment